Monday, December 10, 2018

CARA MUDAH MEMBUAT AKUN EMAIL GMAIL

Halo apa kabar semuanya? Beberapa hari yang lalu saya sempat menulis artikel tutorial tentang cara mudah membuat akun email yahoo (klik disini). Nah, serupa tapi beda payung dengan yahoo, kali ini saya akan memberikan tutorial pada kalian bagaimana caranya membuat akun email gmail dengan mudah. Ayo langsung kita praktek!

1. Membuka Situs Sign Up Gmail
Pertama kali yang harus dilkaukan adalah membuka alamat situs pendaftaran gmail (klik sign up). Kalau sudah membukanya akan muncul layar seperti di bawah ini


2. Mengisi Nama, User Id, dan Password
Untuk mengisi user id gunakan yang sederhana misal namanya "Alay Beudh", bisa kalian isi untuk usename "alaybeudh" atau "beudhalay" atau "alaybeudh123" @gmail.com. Selain itu gunakan password kombinasi huruf dan angka sederhana minimal 8 karakter, contoh "abcdef12" atau "abcd1234" hal ini memudahkan dalam menngingat kata kunci. Setelah terisi semua klik "Next"

3. Mengisi Nomor Ponsel
Zaman sekarang semua serba terintegrasi, seperti untuk validasi akun email perlu nomor ponsel. Saran saya gunakan nomor aktif dan sudah terdaftar. Isi nomor ponsel kalian, contoh 085123456789 lalu klik "Next". Setelah itu kalian akan mendapatkan SMS notifikasi dari google berupa 6 digit kode verifikasi, ketik atau isi pada kolom verifikasi lalu "Next".


4. Mengisi Biodata
Setelah memverifikasi dengan kode dari SMS tadi kalian akan masuk ke beranda untuk mengisi biodata. Ada pilihan untuk mengisi email recovery, hal ini merupakan pilihan saja. Tapi apabila kalian sudah memiliki email lebih dari satu maka bisa diisi kolom tersebut. Biasanya hal ini digunakan apabila ada aktivitas login yang mencurigakan (dibajak) atau kalian lupa password. Isilah biodata kalian seperti tanggal lahir dan jenis kelamin. 

Setelah klik "Next" maka berikutnya akan muncul konfirmasi apakah nomor kalian bisa digunakan untuk pihak google mengirimkan produk-produk dari google sendiri atau layanan google. Saran saya untuk awal klik "skip".

5. Peraturan Keamanan dan Privasi Gmail
Setelah skip maka berikutnya akan muncul halaman terkait dengan peraturan gmail, scroll ke bawah sampai habis lalu akan muncul "cancel" dan "I agree" kalian klik "I agree". 

Setelah itu akun gmail sudah bisa digunakan, kalian akan diarahkan ke halaman seperti dibawah ini.


Nah, mudah bukan untuk membuat akun email gmail? Saya harap bisa langsung dipraktekan dan ingat budayakan follow dan shared blog serta artikel ini bila kalian suka. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Semoga semua yang saya tulis bermanfaat buat kalian semua. 😇 

No comments:

Post a Comment