Wednesday, December 5, 2018

TIPS DAN TRIK MENGHADAPI INTERVIEW KERJA

Hai, apa kabar kalian semua? Pastinya baik dan dalam keadaan sehat. Kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tentang cara-cara agar kalian bisa menghadapi interview kerja dengan baik dan pastinya lolos 😎. Sebelum membahas lebih lanjut, saya akan memberikan beberapa pertanyaan pada kalian, cukup dipikirkan saja, tapi kalo mau komentar bisa langsung di kolom komentar bawah 😁. 

1. Pernah berbicara formal dengan orang lain/asing/baru kenal? 
2. Pernah membuat orang merasa tertarik dengan yang kita bicarakan?
3. Pernah membuat orang mau melakukan apa yang kita bicarakan dan mereka dengan senang melakukannya?

Jika salah satu pernah, maka saya ucapkan selamat buat kalian 👍. Artinya kalian sudah memiliki modal untuk membuat orang lain tertarik pada apapun yang keluar dari mulut kalian. Tidak semua orang mampu untuk melakukan hal ini. Jadi saya akan berikan tips dan trik bagaimana caranya kalian bisa membuat si pewawancara/interviewer tertarik dengan diri kalian. Apa saja sih yang perlu disiapkan dalam menghadapi wawancara kerja? Berikut saya beri tahu ke kalian semua tips dan triknya.

📖 CV atau Resume yang menarik

Hal yang satu ini tidak bisa dianggap remeh, karena sebagian besar recruiter/interviewer pasti akan melihat CV/resume kalian terlebih dahulu. Coba bayangkan dari sekian puluhan bahkan ratusan orang yang antri untuk interview pasti capek banget tuh si pewawancara. Yah kalo misalkan kalian lagi apes, liat CV terus kalian masuk wawancara, ga sampe 5 menit sudah kelar. Terus jadi pertanyaan tersendiri. Saya kok cepet banget wawancaranya? Apa kualifikasi saya bagus atau malah sebaliknya?. Nah ini lah yang harus kalian semua pahami. Seorang recruiter akan tahu sekilas mengenai diri kalian lewat CV/resume yang kalian berikan. Mereka akan cepat menilai karakter si calon karyawan melalui tampilan dan isi dari CV/resume. Maka dari itu siapkan lah CV/resume yang baik dan menarik, setidaknya memiliki beberapa hal yang harus tercantum, yaitu :
  • Identitas diri (nama, TTL, domisili, nomor hp/telepon, status, email, jenis kelamin)
  • Riwayat pendidikan (bisa lengkap dari SD sampai universitas, kalo mau sederhana cantumkan jurusan, tahun lulus dan universitas)
  • Kemampuan & bahasa (cantumkan skill yang kalian miliki selengkap mungkin dan berhubungan dengan posisi yang kalain lamar, serta cantumkan kemampuan bahasa apa saja yang kalian kuasai)
  • Pengalaman (cantumkan semua pengalaman kerja kalian singkat dan padat, setidaknya berisi mengenai posisi/jabatan sebelumnya, berapa lama menduduki posisi tersebut dan deskripsi singkat pekerjaan posisi tersebut. bagi yang masih freshgraduate cantumkan pengalaman organisasi kalian baik di sekolah/kuliah maupun di luar aktivitas tersebut.)
  • Penghargaan (cantumkan apabila kalian pernah mendapatkan penghargaan selama bekerja seperti pegawai teladan, juara lomba inovasi kerja atau yang lainnya. Demikian pula dengan kalian yang masih lulusan baru, apabila memiliki prestasi saat kulaih seperti presenter terbaik makalah, juara pimnas atau yang lainnya bisa kalian cantumkan)
  • Hobi & media sosial (hal ini merupakan pilihan saja mau dicantumkan atau tidak. Namun bagi kalian yang melamar perusahaan yang bergerak bidang IT/e-commerce dan design produk maka wajib mencantumkan ini)

Tips & trik : 

Pastikan kalian sudah punya template CV/resume yang menarik. Usahakan maksimal 1 lembar saja agar tidak membuat si recruiter repot bolak balik kertas untuk mengulas CV kalian. Tapi bukan berarti 1 lembar tidak lengkap ya, cantumkann hanya yang penting dan berhubungan dengan posisi/jabatan yang dilamar sehingga cukup terangkum semua biografi kalian dalam selembar kertas saja. 

👨👩 Penampilan yang rapi dan menarik

Siapa sih yang mau punya karyawan bajunya udah seminggu ga dicuci? Baru lewat depan ruangan kecium bau ga sedap 😷. Nah sama dengan si recruiter pastinya selain menilai CV, mereka akan menilai kalian dari segi penampilan. Otomatis kan kalian ingin lanjut tahap berikutnya? Kalo penampilan ga dipersiapkan dengan baik? Mau dilirik sama recuiter? ya bisa jadi tapi harapannya agak tipis 👀. Tidak menutup kemungkinan, namun jika kalian memiliki kualifikasi yang mumpuni bisa jadi mereka tidak mempermasalahkan penampilan. Tapi yakinlah, sebagian besar orang akan menilai orang lain pertama dari penampilan. Jadi siapkan dengan sebaiknya pakaian formal, rapi, dan sedikit wangi (bukan minyak wangi nyongnyong).


Tips & trik : 
Gunakan pakaian formal, berkerah, warna kombinasi celana/rok dengan baju maksimal 2 warna. Apabila bawahan cerah maka atasan agak gelap, begitu juga sebaliknya. Untuk penggunaan sepatu usahakan senada dengan warna ikat pinggang. Gunakan jam tangan agar terlihat anda menghargai waktu (sebenernya datang tepat waktu lebih mencerminkan 😎). Untuk rambut jangan lupa ditata dengan rapi. Bagi kalian yang pria gunakan pelembaba/minyak rambut agar lebih gampang menata, sedangkan untuk kalian para wanita, sebaiknya jangan menggunakan kombinasi warna lebih dari 3 jenis, karena akan terkesan membuat suasana tidak fromal. Namun untuk profesi seperti designer dan hal yang berhubungan dengan art & design tidak masalah apabila menggunakan warna yang banyak. Hal ini mencerminkan bahwa kalian adalah orang yang penuh inspirasi dan kreatif.

📈 Pahami dan Kuasai Diri Anda dan Si Perusahaan

Nah, disini kalian wajib hukumnya memahami karakteristik (kelebihan dan kekurangan) diri kalian. Wajib juga hukumnya tahu mengenai seluk beluk perusahaan dan jobdesk dari posisi yang sedang kalian lamar. Minimal tahu mengenai perusahaan yang kalian lamar bergerak di bidang apa, produk dari si perusahaan apa saja, sampai siapa jajaran tertinggi/pemimpin si perusahaan sekarang. Pertanyaan yang sering muncul yaitu :

  1. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami?
  2. Mengapa anda melamar ke perusahaan kami?
  3. Apabila anda diterima, kontribusi seperti apa yang akan kalian berikan ke perusahaan?
  4. Mengapa kami harus menerima anda di perusahaan kami?
Salah satu pertanyaan di atas pasti akan keluar saat sesi interview, saya jamin terutama bagi yang fresh graduate. Jadi pastikan pertanyaan-pertanyaan tersebut sudah disiapkan dengan baik sebelumnya. Untuk karakter diri sendiri saya yakin kalian yang lebih paham. Pastikan bahwa kalian tahu apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan diri dan bagaimana cara mengatasi kekurangan diri. 

Tips & trik :

Apabila ditanyakan terkait mengapa kami harus merekrut/mempekerjakan anda? Siapkanlah jawaban yang mengakomodir kelebihan kalain miliki. Jawab dengan detail kalian sudah pernah berpengalaman di organisasi apa saja, jabatan apa saja, siapkan juga skill yang kalian miliki seperti penguasaan software. Zaman sekarang, software dan penguasaan digitalisasi/sosial media sangat dibutuhkan. Apabila kalian belum memiliki skill di bidang tersebut, tidak ada salahnya untuk mulai belajar dari sekarang. Ga ada namanya kata terlambat buat belajar dan memulai, tergantung niat kalian 😎

Demikian tips dan trik dari saya, semoga bermanfaat dan bisa membuat kalian bisa lebih mantap lagi dalam menghadapi interview. 


Ingat follow dan komen blog saya ya. Sekaligus untuk membangun blog ini agar bisa lebih baik lagi berikutnya ✌

No comments:

Post a Comment